Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK KELAS IV SD GMIT AJAOBAKI
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas IV SD GMIT Ajaobaki setelah belajar menggunakan media Gambar seri. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD GMIT Ajaobaki Kecamatan Mollo Utara
berjumlah 20 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah berupa lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini digunakan II siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Pada tahap pretest yang mencapai KKM sebanyak 6 peserta didik atau 30%. Setelah diterapkan media gambar seri maka hasil menulis karangan belajar peserta didik meningkat berdasarkan hasil posttest pada siklus I sebanyak 14 peserta didik atau 70%.
Pada tahap posttest siklus II peserta didik yang mencapai KKM sebanyak siswa 18 atau 90%. Peningkatan hasil menulis peserta pada peserta didik juga dapat di lihat dari nilai rata-rata siswa yang mencapai KKM dimulai dari 69,73 untuk pretest menjadi 78,25 untuk posttest siklus I dan 83,85 untuk posttest siklus II. Sehingga menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri meningkatkan keterampimlan menulis karngan narasi peserta didik kelas IV SD GMIT Ajaobaki.
Kata Kunci: Menulis Narasi, Penggunaan Media Seri, Hasil Belajar
Abstrack The aim of this research is to determine the improvement in narrative essay writing skills of students in IV grade of GMIT Ajaobaki Elementary School after using of media picture series as a learning method. This research uses a Classroom Action Research (CAR) design. The subject of this research were the IV grade students of GMIT Ajaobaki Elementary school, North Mollo district there were 20 students in this research. The instruments used to collect research data are observation sheets and tests. In this research, II cycles were used with two meetings in each cycle. At the pretest stage, 6 students or 30% reached the standard ofminimum completeness. After implementing the media picture series, the students' essay
writing results increased based on the posttest results in cycle I of 14 students or 70%. In the posttest stage of cycle II, 18 or 90% of students reached the standard of minimum completeness. The improvement in students' writing results can also be seen from the average score of students who achieved the standard of minimum completeness starting from 69.75 for the pretest to 78.25 for the cycle I posttest and 83.6 for the cycle II posttest. So it shows that the use of media picture series improves the narrative writing skills of IV grade students at GMIT Ajaobaki Elementary School.
Keywords: Narrative Writting, Use of Series Media, Learning Result
TA _ 00060 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain