Electronic Resource
TA _ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA LIDI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DI KELAS II SD INPRES SISO
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi penjumlahan melalui pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media lidi. Metode penelitian yang digunakan adalah (PTK) menurut model Kemmis dan Mc. Taggart terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Inpres Siso yang berjumlah 14 peserta didik.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan teknik tes. Hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 75,7 berkriteria tinggi dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 96,4 berkriteria tinggi. Analisis aktivitas guru pada siklus I sebesar 87,67% berkriteria tinggi, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 96,67% berkriteria tinggi. Analisis aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 66,39 berkriteria baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 97,67 berkriteria sangat baik. Berdasarkan N-Gain yang diperoleh pada siklus I sebesar 0,58 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 0,97 dengan kriteria tinggi, makadapat disimpulkan bahwa penggunaan media lidi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi penjumlahan di kelas II SD Inpres Siso.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Media lidi; Pembelajaran Kontekstual; Penjumlahan.
Abstract
The aim of this research is to determine the increase in student learning outcomes in addition material through contextual learning using stick media. The research method used is (PTK) according to the Kemmis and Mc model. Taggart consists of four components, namely: planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research were class II students
at SD Inpres Siso, totaling 14 students. The data collection techniques used in this research are observation techniques and test techniques. Student learning outcomes in cycle I were 75,7with high criteria and experienced an increase in cycle II of 96.4 with high criteria. Analysis of teacher activities in cycle I was 87,67% with high criteria, experiencing an increase in cycle II of 96,67% have high criteria. Analysis of student activities in cycle I obtained an average score of 66,39 with very poor criteria and experienced an increase in cycle II of 97,67 with very good criteria. Based on the N-Gain obtained in cycle I of 0,58 and an increase in cycle II of 0,97 with high criteria, it can be concluded that the use of stick media can improve students' learning outcomes in addition material in class II SD Inpres Siso.
Keywords: Learning Outcomes; Stick media; Contextual Learning; Addition.
TA _ 00058 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain