Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA LIDI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DI KELAS II SD INPRES SISO

Electronic Resource

TA _ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA LIDI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DI KELAS II SD INPRES SISO

Barek, Maria - Nama Orang; Nenoliu, Dian S. - Nama Orang; Selan, Yefris A. - Nama Orang;

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi penjumlahan melalui pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media lidi. Metode penelitian yang digunakan adalah (PTK) menurut model Kemmis dan Mc. Taggart terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Inpres Siso yang berjumlah 14 peserta didik.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan teknik tes. Hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 75,7 berkriteria tinggi dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 96,4 berkriteria tinggi. Analisis aktivitas guru pada siklus I sebesar 87,67% berkriteria tinggi, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 96,67% berkriteria tinggi. Analisis aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 66,39 berkriteria baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 97,67 berkriteria sangat baik. Berdasarkan N-Gain yang diperoleh pada siklus I sebesar 0,58 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 0,97 dengan kriteria tinggi, makadapat disimpulkan bahwa penggunaan media lidi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi penjumlahan di kelas II SD Inpres Siso.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Media lidi; Pembelajaran Kontekstual; Penjumlahan.
Abstract
The aim of this research is to determine the increase in student learning outcomes in addition material through contextual learning using stick media. The research method used is (PTK) according to the Kemmis and Mc model. Taggart consists of four components, namely: planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research were class II students
at SD Inpres Siso, totaling 14 students. The data collection techniques used in this research are observation techniques and test techniques. Student learning outcomes in cycle I were 75,7with high criteria and experienced an increase in cycle II of 96.4 with high criteria. Analysis of teacher activities in cycle I was 87,67% with high criteria, experiencing an increase in cycle II of 96,67% have high criteria. Analysis of student activities in cycle I obtained an average score of 66,39 with very poor criteria and experienced an increase in cycle II of 97,67 with very good criteria. Based on the N-Gain obtained in cycle I of 0,58 and an increase in cycle II of 0,97 with high criteria, it can be concluded that the use of stick media can improve students' learning outcomes in addition material in class II SD Inpres Siso.
Keywords: Learning Outcomes; Stick media; Contextual Learning; Addition.


Ketersediaan
TA _ 00058My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
hasil belajar
Media lidi
Pembelajaran Kontekstual
Penjumlahan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Barek, Maria
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA LIDI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DI KELAS II SD INPRES SISO
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik