Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)

Electronic Resource

TA _ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)

Tefa, Letry H. - Nama Orang; Lakapu, Dyen E. - Nama Orang; Nenoliu, Dian S. - Nama Orang;

ABSTRAK
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik adalah perkalian, karena membantu peserta didik memahami hubungan antara angka dan mengembangkan keterampilan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian melalui penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SD Negeri Sakteo yang berjumlah 21 orang, 9 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes berupa 5 soal uraian yang sudah di validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siklus I sebesar 83.52% dengan nilai N-Gain sebesar 0,61 kriteria sedang, pada siklus II sebesar 95.47% dengan nilai N-Gain sebesar 0,72 kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian
peserta didik kelas III SD Negeri Sakteo.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Matematika; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Indivualization (TAI); Perkalian.
ABSTRACT
One of the skills that students must possess is multiplication, as it helps them understand the relationship between numbers and develops problem-solving skills. The purpose of this study was to improve mathematics learning outcomes in multiplication through the use of the Team Assisted Individualization (TAI) cooperative learning model. This research employed Classroom Action Research (CAR). The subjects were 21 third-grade students from Sakteo Public Elementary School, consisting of 9 males and 12 females. The data collection techniques used were observation and tests comprising 5 validated essay questions. Data analysis employed N- Gain testing. The research results indicated that using the Team Assisted Individualization (TAI) cooperative learning model yielded an N-Gain score of 83.52% in Cycle I (medium criteria) and 0.61, and 95.47% in Cycle II (high criteria) and 0.72. Based on the findings, it can be concluded that the use of the Team Assisted Individualization (TAI) cooperative learning model enhances mathematics learning outcomes in multiplication for third-grade students at Sakteo Public Elementary School.
Keywords: Learning Outcomes; Mathematics; Cooperative Learning Model Team Assisted Individualization (TAI); Multiplication


Ketersediaan
TA _ 00056My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
hasil belajar
Tugas Akhir
PGSD 2024
Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Team Assisted Indivualization (TAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tefa, Letry H.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik