Electronic Resource
TA _ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)
ABSTRAK
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik adalah perkalian, karena membantu peserta didik memahami hubungan antara angka dan mengembangkan keterampilan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian melalui penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SD Negeri Sakteo yang berjumlah 21 orang, 9 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes berupa 5 soal uraian yang sudah di validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siklus I sebesar 83.52% dengan nilai N-Gain sebesar 0,61 kriteria sedang, pada siklus II sebesar 95.47% dengan nilai N-Gain sebesar 0,72 kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian
peserta didik kelas III SD Negeri Sakteo.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Matematika; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Indivualization (TAI); Perkalian.
ABSTRACT
One of the skills that students must possess is multiplication, as it helps them understand the relationship between numbers and develops problem-solving skills. The purpose of this study was to improve mathematics learning outcomes in multiplication through the use of the Team Assisted Individualization (TAI) cooperative learning model. This research employed Classroom Action Research (CAR). The subjects were 21 third-grade students from Sakteo Public Elementary School, consisting of 9 males and 12 females. The data collection techniques used were observation and tests comprising 5 validated essay questions. Data analysis employed N- Gain testing. The research results indicated that using the Team Assisted Individualization (TAI) cooperative learning model yielded an N-Gain score of 83.52% in Cycle I (medium criteria) and 0.61, and 95.47% in Cycle II (high criteria) and 0.72. Based on the findings, it can be concluded that the use of the Team Assisted Individualization (TAI) cooperative learning model enhances mathematics learning outcomes in multiplication for third-grade students at Sakteo Public Elementary School.
Keywords: Learning Outcomes; Mathematics; Cooperative Learning Model Team Assisted Individualization (TAI); Multiplication
TA _ 00056 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain