Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SD NEGERI ANAUBAN
ABSTRAK
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan media kartu huruf bagi siswa kelas I SD Negeri Anauban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Anauban. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD N Anauban. Jumlah keseluruhan siswa kelas 1 yaitu 14 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap siswa kelas I di SD Negeri Anauban.Dengan melakukan desain one grup pretest-posttest terdapat penggunaan hasil belajar siswa. Pada pretest nilai rata-rata kelas yang didapatkan siswa sebesar
52,61 sedangkan pada posttest didapatkan bahwa nilai yang terjadi peningkatan menjadi 93,7. Setelah melakukan uji hipotesis di atas di dapat nilai sebesar 3,253 dengan tingkat signifikasi 0,007 karena probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,007 dan thitung> t tabel maka Ho Di tolak dan Ha di terima. Rata-rata skor nilai N-Gain yang di peroleh data yaitu 0,87 termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan kartu huruf dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I SD Negeri Anauban.
Kata kunci: Penggunaan Media Kartu Huruf Dan Hasil Belaja; SD Negeri Anauban
ABSTRACT
The aim of this research is to find out how improve student learning outcomes in Indonesian language subjects through the use of letter cards for class I students at SD N Anauban. This research is quantitative research. The population in this study were class I students at SD Negeri Anauban. The total number of class I students 14 students. Based on the results of research conducted by researchers on class I students at Anauban Public Elementary School. By carrying out a one group pretest- posttest design, there is use of student learning the outcomes. In the pretest, the average class score obtained by students was 52,61, while in the posttest it was found that the score increased to 93,7. After testing the hypothesis above, we
got a value of 3,253 with a signifikacance level of 0,007 bacause the significant probability is much smaller than 0,05, namely 0,007 and tcount>ttabel, so ho is rejected and ha is ace pted. The average N-Gain score obtained by the data is 0,87, which is included in the high category. Based on the research resukts, it can be concluded that using letter cards can improve the learning achievement of class I students at Anauban State Elementary School.
Keywords: use of letter card media and learning outcomes at Anauban State Elementary Schoo
TA _ 00054 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain