Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SD INPRES TUBUHU’E DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Electronic Resource

TA _ KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SD INPRES TUBUHU’E DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Bansae, Jumry - Nama Orang; Lakapu, Dyen E. - Nama Orang; Djara, Jean I. - Nama Orang;

Abstrak
Penelitian ini merujuk pada latar belakang pentingnya kreativitas dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah matematika. Kreativitas seseorang dapat diukur melalui tiga komponen kreativitas yakni kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Setiap individu dalam menyelesaikan masalah dapat dipengaruhi oleh tingkat kreativitas yang dimilikinya. Tingkat kreativitas dibagi menjadi 5 tingkatan yakni, sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif, dan tidak kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas peserta didik kelas V SD Inpres Tubuhu’e dalam menyelesaikan masalah matematika. Untuk keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik yaitu pemberian tes penyelesaian masalah matematika terbuka, wawancara dan kuesioner. Dari hasil penelitian yang ditemukan menjelaskan bahwa, subjek “sangat kreatif” mampu memenuhi tiga komponen kreativitas yakni kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan, subjek “kreatif” mampu memenuhi dua komponen kreativitas yaitu kefasihan dan fleksibilitas, subjek “cukup kreatif” hanya mampu menunjukan komponen fleksibilitas, subjek “kurang kreatif” hanya mampu menunjukan komponen kefasihan, sedangkan subjek “tidak kreatif” tidak mampu menunjukan ketiga komponen kreativitas dalam menyelesaikan masalah matematika.
Kata Kunci: Kreativitas, Masalah Terbuka, Pembelajaran Matematika.
Abstract
This research refers to the background of the importance of creativity needed in solving mathematical problems. A person's creativity can be measured through three components of creativity, namely fluency, flexibility and novelty. Each individual in solving problems can be influenced by the level of creativity they have. The level of creativity is divided into 5 levels, namely, very creative, creative, quite creative, less creative and not creative. This type of research is qualitative research with a descriptive method which aims to describe the creativity of class V students at SD Inpres Tubuhu'e in solving mathematical problems. To validate the data, it was carried out using triangulation techniques, namely giving open
mathematical problem solving tests and interviews. From the results of the research found, it is clear that "very creative" subjects are able to fulfill three components of creativity, namely fluency, flexibility and novelty, "creative" subjects are able to fulfill two components of creativity, namely fluency and flexibility, "moderately creative" subjects are only able to
show the flexibility component. , "less creative" subjects were only able to show components of fluency, while "not creative" subjects were unable to show all three components of creativity in solving mathematical problems.
Keywords: Creativity, Open ended Problems, Mathematics Learning.


Ketersediaan
TA _ 00053My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
tactile text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
PGSD 2024
Kreativitas,
Masalah Terbuka
Pembelajaran Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Bansae, Jumry
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SD INPRES TUBUHU’E DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik