Electronic Resource
TA _ KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SD INPRES TUBUHU’E DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA
Abstrak
Penelitian ini merujuk pada latar belakang pentingnya kreativitas dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah matematika. Kreativitas seseorang dapat diukur melalui tiga komponen kreativitas yakni kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Setiap individu dalam menyelesaikan masalah dapat dipengaruhi oleh tingkat kreativitas yang dimilikinya. Tingkat kreativitas dibagi menjadi 5 tingkatan yakni, sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif, dan tidak kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas peserta didik kelas V SD Inpres Tubuhu’e dalam menyelesaikan masalah matematika. Untuk keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik yaitu pemberian tes penyelesaian masalah matematika terbuka, wawancara dan kuesioner. Dari hasil penelitian yang ditemukan menjelaskan bahwa, subjek “sangat kreatif” mampu memenuhi tiga komponen kreativitas yakni kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan, subjek “kreatif” mampu memenuhi dua komponen kreativitas yaitu kefasihan dan fleksibilitas, subjek “cukup kreatif” hanya mampu menunjukan komponen fleksibilitas, subjek “kurang kreatif” hanya mampu menunjukan komponen kefasihan, sedangkan subjek “tidak kreatif” tidak mampu menunjukan ketiga komponen kreativitas dalam menyelesaikan masalah matematika.
Kata Kunci: Kreativitas, Masalah Terbuka, Pembelajaran Matematika.
Abstract
This research refers to the background of the importance of creativity needed in solving mathematical problems. A person's creativity can be measured through three components of creativity, namely fluency, flexibility and novelty. Each individual in solving problems can be influenced by the level of creativity they have. The level of creativity is divided into 5 levels, namely, very creative, creative, quite creative, less creative and not creative. This type of research is qualitative research with a descriptive method which aims to describe the creativity of class V students at SD Inpres Tubuhu'e in solving mathematical problems. To validate the data, it was carried out using triangulation techniques, namely giving open
mathematical problem solving tests and interviews. From the results of the research found, it is clear that "very creative" subjects are able to fulfill three components of creativity, namely fluency, flexibility and novelty, "creative" subjects are able to fulfill two components of creativity, namely fluency and flexibility, "moderately creative" subjects are only able to
show the flexibility component. , "less creative" subjects were only able to show components of fluency, while "not creative" subjects were unable to show all three components of creativity in solving mathematical problems.
Keywords: Creativity, Open ended Problems, Mathematics Learning.
TA _ 00053 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain