Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KREATIVITAS SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN PERKALIAN DI SD NEGERI BAKI
Abstrak
Penelitian ini berjudul “Penggunaan papan pintar untuk meningkatkan minat dan kreativitas siswa kelas III pada pembelajaran perkalian di SD Negeri Baki”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan media papan pintar dapat meningkatkan minat dan kreativitas siswa kelas III SD Negeri Baki?. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III yang berjumlah 14 dengan rincian siswa laki-laki 5 orang dan siswa perempuan 9 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penilaian angket. Data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis data yakni deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penggunaan papan pintar pada pembelajaran perkalian dapat meningkatkan minat dan kreativitas siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perolehan data yang dikumpulkan melalui angket yang diberikan peneliti kepada setiap siswa. Peningkatan minat belajar dari kondisi awal 35,71% dengan kategori minat rendah, meningkat menjadi 71,78% dengan kategori minat tinggi. Peningkatan kreativitas siswa dari kondisi awal 35,71% dengan kategori kreativitas sangat kurang kreatif, meningkat menjadi 79,21% dengan kategori cukup kreatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan papan pintar untuk meningkatkan minat dan kreativitas siswa kelas III pada pembelajaran perkalian di SD Negeri Baki terbukti tepat.
Kata Kunci : papan pintar, minat dan kreativitas, pembelajaran perkalian.
Abstract
This study is entitled "The use of smart boards to improve the interest and creativity of third grade students in multiplication learning at Baki State Elementary School". This study aim to find out whether smart board media can increase the interest and creativity of clas III students at Baki state elementary school. The type of research used is Classroom Action Research (CAR) with stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The subjects in this study were 14 third grade students with details of 5 male students and 9 female students. Data collection was carried out using observation techniques. The collected data were further analyzed using data analysis techniques, namely quantitative descriptive. The results of the study showed that through the use of smart boards in multiplication learning, students' interest and creativity can be increased. This is evidenced by the results of data collection collected through questionnaires given by researchers to each student. Increased interest in learning from the initial condition of 35.71% with a low interest category, increased to 71.78% with a high interest category. Increased student creativity from the initial condition of 35.71% with a very less creative creativity category, increased to 79.21% with a fairly creative category. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that the use of smart boards to increase the interest and creativity of grade III students in multiplication learning at Baki State Elementary School has proven to be appropriate.
Keywords : smart board, interest and creativity, multiplication learning
TA _ 00052 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain