Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN KELAS IV SD INPRES BASMUTI
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Inpres Basmuti dengan penerapan model kooperatif tipe STAD pada materi struktur tumbuhan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 16 peserta didik yaitu 6 laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data megunakan lembar observasi tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda soal, untuk mengetahui apakah soal-soal sudah tepat digunakan dalam penelitian. Hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe STAD peneliti menggunakan analisis data uji N- Gain. Hasil Penelitian menunjukan bahwa model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 70,75% dan siklus II sebesar 86.75%. Penerapan model kooperatif tipe STAD juga dapat meningkatkan aktifitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 0.27% dengan kriteria sedang dan siklus II sebesar 0.72% dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD pada materi struktur tumbuhan dengan penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktifitas belajar peserta didik kelas
IV SD Inpres Basmuti.
Kata kunci : Hasil belajar, model kooperatif tipe STAD
Abstract
The purpose of this study is to improve the learning outcomes of fourth grade students of SD Inpres Basmuti with the application of STAD type cooperative model on plant structure material. This research using classroom Action Research (PTK). The study subjects consisted of 16 students, namely 6 male and 10 female students. Data collection techniques using observation sheets and tests documentation. This study uses validity test, reliability test, difficulty index and power question differentiator, to find out whether the questions have been appropriately used in research. Learning outcomes students before and after the application of cooperative model STAD types of researchers using analysis N-Gain test data. The results showed that Stad cooperative model can increase learning outcomes of students in cycle I amounted to 70.75% and Cycle II amounted to 86.75%. Application of the model cooperative STAD- type can also increase the learning activities of students in the first cycle of 0.27% with medium criteria and Cycle II by 0.72% with high criteria.Based on the results of this study it can be concluded that the application of STAD-type cooperative model on plant structure material with the application of cooperative modelstad types can improve the learning activities of classroom learners IVSD Basmuti Inpres.
Keywords: learning outcomes, cooperative mode STAD- type
TA _ 00050 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain