Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN KIT IPA PADA MATERI GAYA TERHADAP PENINGKATA HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD INPRES KOBELETE
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi IPA menggunakan KIT IPA. Hasil belajar peserta didik kelas IV SD Inpres Kobelete pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi gaya, tergolong rendah. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) disebabkan ketika kegiatan pembelajaran berlangsung peserta didik lebih banyak mendengar tanpa penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini melibatkan 20 orang adidik kelas IV sebagai responden. Desain penelitian ini adalah One grup pre-test post-test design. Data yang dikumpulkan berupas korpre-test dan post-test. Desain analisi data yang dilakukan dengan validitas soal, realibilitas soal, tingkat kesukaran, daya beda soal dan skor N-Gain. Rata-rata nilai N-Gain yang diperoleh yaitu 0,8 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian diperoleh bahwanilai rata-rata hasil belajar pada -testadalah 49, 06 dan analisi nilai post-testa dalah 88. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggun KIT IPA pada materi gaya dapat materi gaya dapat meningkatkan hasil belajar peserta hasil didik kelas VI SD Inpres Kobel
Kata Kunci :KIT IPA; Hasil Belajar; SD Inpres Kobelete.
Abstract
The aim of this research is to determine the increase in student learning outcomes in science material using the Science KIT. The learning outcomes of class IV students at SD Inpres Kobelete in science subjects, especially in style material, are relatively low. This happens because the learning process is still teacher centered because when learning activities take place students listen more without the use of learning media. This research involved 20 class IV students as respondents. The design of this research is one group pre- test post-test design. The data collected is in the form of pre-test and post-test scores. The data analysis design was carried out using question validity, question reliability, level of difficulty, question differentiation and N-Gain score. The average N-Gain value obtained is 0,8which is included in the high category. The research results showed that the average value of learning outcomes in the pre-test score analysis was 49,06and the post-test score analysis was 88 So it can be concluded that the use of KIT Science in style material can improve the learning outcomes of class IV students at SD InpresKobelete.
Keywords: science kit; Learning outcomes; Kobelete Inpres Elementary School
TA _ 00049 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain