Electronic Resource
TA _ INTEGRASI KEARIFAN LOKAL SENE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MATERI BUNYI KELAS IV SD INPRES TAUBNENO
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman konsep IPA pada materi bunyi menggunakan media sene. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi dua siklus, yakni siklus I dan siklus II, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini
dilaksanakan di SD Inpres Taubneno kelas IV dengan jumlah siswa 17 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Siklus I menunjukan nilai rata-rata aktivitas guru 73,6 meningkat pada siklus II menjadi 98,6, sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 74,3 dan meningkat pada siklus II menjadi 80,1. Rata-rata hasil pemahaman konsep IPA pada siklus I 74,1 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 96,5, peningkatan hasil belajar pemahaman konsep IPA pada materi bunyi dapat menggunakan media sene dengan rumus N-Gain nilai rata-rata pada siklus I 0,4 dengan kriteria sedang dan pada siklus II meningkat menjadi 0,8 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil siklus I dan siklus II diantaranya bahwa dengan mengintegrasikan media sene
dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SD Inpres Taubneno.
Kata kunci: Media Sene; Pemahaman Konsep; Materi Bunyi
ABSTRACT
This research aims to increase understanding of science concepts in sound material using sene media. This type of research uses Classroom Action Research (PTK) which includes two cycles, namely cycle I and cycle II, each cycle consisting of four stages, namely: planning, implementation, observation and reflection. This classroom action research was carried out at SD Inpres Taubneno class IV with a total of 17 students consisting of 9 male students and 8 female students. The instruments used in this research were observation and tests. Cycle I showed an average value of teacher activity of 73.6, increasing in cycle II to 98.6, while the average value of student activity in cycle I was 74.3 and increased in cycle II to 80.1. The average result of understanding science concepts in cycle I was 74.1, then increased in cycle II to 96.5. The increase in learning outcomes of understanding science concepts in sound material can use sene media with the N-Gain formula. The average value in cycle I 0.4 with medium criteria and in cycle II it increased to 0.8 with high criteria. Based on the results of cycle I and cycle II, it is clear that integrating sene media can improve students' understanding of concepts in class IV at SD Inpres Taubneno.
Keywords: Sene Media; Concept Understanding; Sound Material
TA _ 00048 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain