Electronic Resource
TA _ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN ALAT PERAGA BALOK PADA SISWA IV SD INPRES OENIUPSAI
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres Oeniupsai melalui penerapan metode demonsrtasi berbantuan alat peraga balok. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Inpres Oeniupsai yang berjumlah 20 Siswa, 12 Siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa alat peraga balok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 84,37% dengan nilai N-Gain sebesar 0,24 kriteria rendah dan pada siklus II sebesar 93,41% dengan nilai N- Gain sebesar 0,71 kriteria tinggi. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga balok pada materi bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres Oeniupsai.
ABSTRACT
The aim of this research is to determine the improvement in mathematics learning outcomes for IV grade Students`at SD Inpres Oeniupsai through the application of the demonstration method assisted by block props. This research uses a Classroom Action Research (PTK)-design. The subject of this research is Class IV SD Inpres Oeniupsai consists of 20 students, 12 male students and 8 female students. The instruments used to collect research data are observation sheets and test. The data-analysis technique used is the N- Gain test. The results of this research showt dat Block props can improve studests’ mathematic learning outcomes in cycle I by 84.37% Met een N-Gain- waarde van 0.24, medium criteria and in cycle II was het 93.41% met een N-Gain-waarde van 0.71, high criteria. Based on this research, it can be concluded dat. The use of block props in spatial building material can improve mathematic learning outcomes Fourth-grade Students’ at SD Inpres Oeniupsai.
TA _ 00047 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain