Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI GERAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD
NEGERI NIANAM PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN

Electronic Resource

TA _ PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI GERAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI NIANAM PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN

Oematan, Eprilia - Nama Orang; Lakapu, Dyen E. - Nama Orang; Tafuy, Ardi Y. - Nama Orang;

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengunaan media audio visual animasi gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan. Penelitian ini menggunakan rancangan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Nianam kecamatan Ki`e berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah berupa lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini digunakan II siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Pada tahap pretes tidak ada yang mencapai KKM. Setelah diterapkan media audio visual animasi gerak maka hasil belajar siswa meningkat berdasarkan hasil posttest pada siklus I sebanyak 5 orang siswa atau 20%. Pada tahap posttest siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 siswa atau 84%. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual animasi gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Nianam.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Media Audio Visual Animasi Gerak.
Abstract
The purpose of this research was to determine whether the use of motion graphic audiovisual media can enhance students' learning outcomes regarding the classification of animals based on their food types. This study employed Classroom Action Research (CAR) as the method. The subjects consisted of 25 fourth-grade students from SD Negeri Nianam, Ki`e District. Data collection instruments includ observation sheets and tests. The research consisted of two cycles, with each cycle comprising two meetings. During the pre-test stage, none of the students achieved the Minimum Standard of score. After implementing motion graphic audiovisual media, student learning outcomes improved as indicated by the post-test results in Cycle I, where 5 students or 20% reached the KKM. In Cycle II post-test, 21 students or 84% achieved the KKM. The findings suggest that the use of motion graphic audiovisual media can enhance the learning outcomes of fourth-grade students at SD Negeri Nianam.
Keywords: Learning Result; Motion Graphic Audiovisual Med


Ketersediaan
TA _ 00046My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
hasil belajar
Tugas Akhir
PGSD 2024
Media Audio Visual Animasi Gerak
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Oematan, Eprilia
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI GERAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI NIANAM PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik