Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI GERAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI NIANAM PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengunaan media audio visual animasi gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan. Penelitian ini menggunakan rancangan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Nianam kecamatan Ki`e berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah berupa lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini digunakan II siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Pada tahap pretes tidak ada yang mencapai KKM. Setelah diterapkan media audio visual animasi gerak maka hasil belajar siswa meningkat berdasarkan hasil posttest pada siklus I sebanyak 5 orang siswa atau 20%. Pada tahap posttest siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 siswa atau 84%. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual animasi gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Nianam.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Media Audio Visual Animasi Gerak.
Abstract
The purpose of this research was to determine whether the use of motion graphic audiovisual media can enhance students' learning outcomes regarding the classification of animals based on their food types. This study employed Classroom Action Research (CAR) as the method. The subjects consisted of 25 fourth-grade students from SD Negeri Nianam, Ki`e District. Data collection instruments includ observation sheets and tests. The research consisted of two cycles, with each cycle comprising two meetings. During the pre-test stage, none of the students achieved the Minimum Standard of score. After implementing motion graphic audiovisual media, student learning outcomes improved as indicated by the post-test results in Cycle I, where 5 students or 20% reached the KKM. In Cycle II post-test, 21 students or 84% achieved the KKM. The findings suggest that the use of motion graphic audiovisual media can enhance the learning outcomes of fourth-grade students at SD Negeri Nianam.
Keywords: Learning Result; Motion Graphic Audiovisual Med
TA _ 00046 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain