Electronic Resource
TA _ STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI MEMBACA DI KELAS V SD INPRES OEBESA
ABSTRAK
Literasi membaca merupakan keterampilan yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap siswa. Literasi dapat digunakan sebagai dasar pengembangan pembelajaran efektif disekolah sehingga dapat membantu siswa terampil dalam mencari dan mengolah informasi yang dibutuhkan dalam kehidupan berbasis ilmu pengetahuan. Kemampuan literasi meliputi empat keterampilan berbahasa yaitu: menyimak, berbicara, menulis, dan membaca. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan literasi membaca di kelas V SD Inpres Oebesa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, Dangan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dan dokumentasi. subjek adalah guru kelas V sebanyak 3 orang. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam mengembangkan literasi membaca sudah dijalankan oleh guru dikelas V.dengan melakukan strategi pembelajaran langsung,strategi pembelajaran interaktif,pembelajaran tidak langsung, dan strategi pembelajaran mandiri. bentuk strategi pembelajaran langsung kegiatannya berpusat di guru,seperti ceramah,demonstrasi, praktik dan latihan menyampaikan materi, strategi pembelajan tidak langsung bentuknya lebih fokus ke siswa, strategi pembelajaran interaktif bentuk strateginya lebih banyak kesempatan bagi siswa untuk merespon gagasan, pengalaman, dan kemampuan. sedangkan bentuk strategi pembelajaran mandiri lebih fokus kepada siswa untuk belajar mandiri dan untuk mendorong pengembangan kemandirian siswa.
Kata Kunci : Guru Kemampuan Membaca Strategi Siswa
ABSTRACT
Reading literacy is a very important skill and must be possessed by every student. Literacy can be used as a basis for developing effective learningin schools so that it can help students become skillied in searching for and processing the information they need in a science – based way of life. Literacy skills include four language skills,namely: listening,speaking, writing and reading. The aim of this research is to determine the strategies used by teachers in developing reading literacy in class V of SD Inpres Oebesa. This type of research is qualitative descriptive research, with data collection techniques in the form of interviews and documentation. The subjects were 3 class V teachers. Based on the research results, it can be
concluded that teachers’ strategies for developing reading literacy have been implemented by teachers in class V in the form of direct independent learning strategies,indirect learnig strategies, interactive learning strategies and learning strategies. The form of direct learning strategy is teacher- centered activities,such as lectures,demonstrations,practice and practice in delivering material. Inderct learning strategy is more focused on students. Interactive learning strategyis more
opportunity for students to renponden more on students learning independently and encoranging the development of student independence.
Keywords : Teachers of student’s strategic reading abilities
TA _ 00043 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain