Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE CIRC PADA SISWA KELAS V SD GMIT SOE IV

Electronic Resource

TA _ MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE CIRC PADA SISWA KELAS V SD GMIT SOE IV

Tse, Diana - Nama Orang; Nenoliu, Dian S. - Nama Orang; Banu, Tri Buce J. - Nama Orang;

Abstrak
Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki siswa sekolah dasar adalah membaca. Kemampuan membaca khususnya membaca pemahaman diperlukan dalam memperoleh pengetahuan dan pemahaman serta mengasah kemampuan berpikir siswa terkait isi bacaan yang dibaca. Salah satu faktor kegagalan siswa disekolah diakibatkan rendahnya kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Compotion (CIRC). Penggunaan metode atau cara mengajar yang kurang kreatif menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan membaca pemahaman. Metode CIRC membantu mengoptimalkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian
Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester genap tahun pelajaran 2023/2024, berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode CIRC memberikan hasil positif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Pada tahap pretest nilai rata-rata siswa 57, dengan siswa yang mencapai KKM sebanyak 17%, setelah penerapan metode CIRC terdapat peningkatan nilai pada posttes dimana nilai rata-rata siswa 69 dan siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 37%. Pada posttes siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79 dengan siswa yang mencapai KKM 93%. Perolehan hasil menunjukan bahwa penerapan metode CIRC sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SD GMIT SOE IV.
Kata kunci: Membaca; Membaca Pemahaman; Metode CIRC.
Abstract.
One of the abilities that elementary school students need is to read. Reading skills, especially comprehensive reading, is necessary in acquiring knowledge and understanding and hone students’ thinking skills related to the readings contents. One of the factors for failure of students in school due to low reading ability. The study aims to improve the ability to read
comprehend a reding text using Cooperative Integrated Reading and Compotion (CIRC) methods. The use of less creative methods or ways of teaching is one of the causes of low reading ability. The CIRC method helps optimize student understanding reading skills. This research used Class Action Research design. The subject of this research is a grade V student in the even year of the 2023/2024 study, which has 30 students. Data collection using observation and testing. The results of the study show that the implementation of the CIRC 2 method provides positive results for the ability to read students’ understanding. At the pretest stage the average grade of 57 students, with students reaching KKM as much as 17%, after the implementation of the CIRC method there was an increase in the posttes where the average grade of 69 students and students reaching KKM increased to 37%. In the posttest cycle II the average student grade increased to 79 with students reaching KKM 93%. The results show that the implementation of the CIRC method is very effective in improving the reading ability of grade V students in SD GMIT SOE IV.
Keywords: CIRC Method; Reading; Reading Comprehensive.


Ketersediaan
TA _ 00042My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
PGSD 2024
Membaca Pemahaman
Metode CIRC
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tse, Diana
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE CIRC PADA SISWA KELAS V SD GMIT SOE IV
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik