Electronic Resource
TA _ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI SD KELAS V
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) agar dapat membantu peserta didik dalam memahami mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda dalam bentuk pecahan biasa dan pecahan campuran. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Jenis instrumen yang digunakan berupa lembar tes dan lembar
observasi serta teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas Vª di SD Inpres Oenasi yang berjumlah 17 peserta didik. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika materi pecahan yang dapat dilihat pada siklus I memperoleh nilai sebesar 74,70% dengan nilai N-Gain sebesar 0,35 kriteria sedang dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 90% dengan nilai N-Gain sebesar 0,77 kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika materi pecahan.
Kata Kunci: Hasil belajar, Model Problem Based Learning, Matematika.
ABSTRACT
This study aims to improve students' learning outcomes by using the Problem Based Learning (PBL) learning model to help students better understand how to operate addition and subtraction of fractions with different denominators in the form of ordinary fractions and mixed fractions. The type of research used is Classroom Action Research (CAR) so that the type of instrument used is in the form of observation sheets and test sheets and data collection techniques in the form of observation and tests. The subjects in this study were class Vª at SD Inpres Oenasi which consisted of 17 students. The results of the study indicate that using the Problem Based Learning learning model can improve students' learning outcomes in learning mathematics on fractions which can be seen in cycle I obtaining a value of 74.70% with an N-Gain value of 0.35 medium criteria and in cycle II obtaining a value of 90% with an N-Gain value of 0.77 high criteria. So it can be concluded that the use of the Problem Based Learning (PBL) learning model improves students' learning outcomes in learning mathematics on fractions.
Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning Model, Mathematics.
TA _ 00041 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain