Electronic Resource
TA _ MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SD INPRES OEBESA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan keterampilan membaca siswa kelas III SD Inpres Oebesa setelah belajar menggunakan media BCB. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas III SD Inpres Oebesa, kecamatan Kota Soe berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah berupa lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini digunakan 2 siklus dengan setiap siklus empat kali pertemuan. Pada tahap pre-test yang mencapai KKM sebanyak 7 siswa atau 23%. Setelah diterapkan media buku cerita bergambar maka keterampilan membaca siswa meningkat berdasarkan hasil posttest pada siklus I sebanyak 19 siswa atau 61%. Pada tahap posttest siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 27 siswa atau 87%. Peningkatan keterampilan membaca pada siswa juga dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang mencapai KKM dimulai dari 51,38 untuk pretest menjadi 72,88 untuk posttest siklus I dan 83,7 untuk post-test siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III SD Inpres Oebesa.
Kata Kunci: Buku Certa Bergambar, Keterampilan Membaca
Abstract
The purpose of this study was to explain the improvement of reading skills of students in grade III SD Inpres Oebesa after learning to use the media of Picture Storybooks. This study used a Classroom Action Research (PTK) design. The subjects in this study were students of class III SD Inpres Oebesa, Soe City sub-district, totaling 31 students. The instruments used to collect research data were observation sheets and tests. In this study used 2 cycles with each cycle four meetings. At the pretest stage who reached the KKM as many as 7 students or 23%. After applying picture storybook media, students' reading skills improved based on the posttest results in cycle I as many as 19 students or 61%. At the posttest stage of cycle II, 27 students or 87% reached the KKM. The improvement in reading skills in students can also be seen from the average score of students who reached the KKM starting from 51.38 for the pretest to 72.88 for the first cycle posttest and 83.7 for
the second cycle posttest. From the results obtained, it shows that the use of picture storybooks can improve the reading skills of grade IIIA students of SD Inpres Oebesa.
Keywords: Picture Storybooks, Reading Skills
TA _ 00040 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain