Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG JENIS-JENIS PEKERJAAN DI SD GMIT SOE IV
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada materi jenis-jenis pekerjaan pada Peserta didik kelas III SD GMIT Soe IV pada materi IPS menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan masing- masing tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah 25 orang dengan rincian 13 laki-laki dan 12 perempuan. Pengumpulan data dilakukan
dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil tes menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dari Siklus I ke Siklus II, dimana presentase ketuntasan meningkat sebesar 52%. Hal ini dibuktikan dengan
hasil tes pada siklus I dengan presentase hasil belajar siswa mencapai 40% atau sama dengan 10 siswa dan yang belum mencapai KKM sebanyak 60% atau sama dengan 15 siswa, kemudian pada siklus II presentase hasil belajar mencapai 92%
atau sama dengan 23 siswa mencapai standar KKM dan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 8% atau sama dengan 2 siswa. Siswa dikatakan tuntas apabila nilai yang diperoleh telah mencapai KKM sebesar 70. Hal ini berdasarkan
hasil tes siklus I dengan nilai rata-rata 68, kemudian pada siklus II nilai rata-rata mencapai 79. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media gambar dalam pembelajaran tentang jenis-jenis pekerjaan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD GMIT Soe IV.
Kata kunci; Jenis-jenis pekerjaan; Media gambar.
ABSTRACT
The purpose of this study was to describe the improvement of learning outcomes on the material of types of work in third grade students of GMIT Soe IV Elementary School in social studies using image media. This type of research was Classroom Action Research (PTK) which consisted of two cycles with each stage as follows: planning, implementation, observation and test and reflection. The subjects of this study were the third grade students in which 25 people devided into 13 boys and 12 girls. Data collection was carried out using observation, test and documentation techniques. The test results showed that there was a significant increase in student learning outcomes from Cycle I to Cycle II, where the percentage of achievement increased to be 52%. It was proven by the test results in cycle I with the percentage of student learning outcomes reached 40% or equal to 10 students. There were 60% or is students did not reach the KKM In 2 cycle II, the percentage of learning outcomes reached 92% or equal to 23 students reaching KKM standards and students who hat not reached the KKM were 8% or 2 students. The students were regarded success if the score obtained has reached the KKM of 70 an average score of cycle one way 68, then in cycle II the average score reached 79. Thus it can be concluded that the use of image media in
learning about types of work can improve the learning outcomes of the third grade students of GMIT Soe IV Elementary School.
Key words; Types of work; Image media.
TA _ 00039 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain