Electronic Resource
TA _ ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA PADA SISWA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS IV SD NEGERI OEKIU
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa pada materi sifat- sifat cahaya dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa pada pembelajaran IPA dalam memahami materi sifat-sifat cahaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa/ siswi kelas IV sebanyak 15 orang, seorang guru wali kelas dan kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan teknik analisis data yang digunakan berupa observasi,
wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada kelas IV melalui hasil observasi diketahui bahwa siswa kesulitan dalam memahami materi sifat-sifat cahaya yaitu Siswa kesulitan dalam menjelaskan pengertian cahaya dan menuliskan sifat-sifat cahaya. Hasil dari penelitian menunjukakan Faktor penyebab siswa kesulitan dalam memahami materi sifat-sifat cahaya dikarenakan ada 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal dimana faktor internal yaitu : 1) kurangnya motivasi siswa dalam belajar materi sifat-sifat cahaya ; 2) Tidak ada kedisiplinan siswa dalam mengumpulkan tugas yang diberikan guru sehingga hal tersebut mempengaruhi hasil belajarnya. sedangkan faktor eksternal yaitu : 1) Kurangnya peran guru dalam proses pembelajaran dan penggunaan media, sehingga anak tersebut lebih pasif dalam pembebelajaran ; 2) Kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, sehingga anak tersebut mendapatkan nilai rendah.
Kata Kunci : Analisis, Kesulitan Belajar, Sifat-Sifat Cahaya.
ABSTRAK
The purpose of this research was to identify difficulties experienced with the topic of light properties and to determine the factors causing students' difficulties in understanding this topic in science education. Participants included 15 fourth-grade students, one class teacher, and the school principal. This research utilized a qualitative descriptive approach with data analysis techniques including observation, interviews, and documentation. Based on the analysis of students' learning outcomes in the fourth grade through observation, it was found that students face challenges in comprehending the properties of light. Factors contributing to students' difficulties in understanding the properties of light include struggles in explaining the concept of light and describing its properties in writing. These difficulties are influenced by both internal and
external factors. Internal factors include: 1) lack of student motivation in learning about light properties; 2) lack of discipline in submitting assigned tasks, which affects their learning outcomes. External factors include: 1) insufficient involvement of teachers in the teaching process and use of media, leading to passive learning among students; 2) inadequate parental attention, resulting in lower academic performance for the students.
Keywords : Analysis Difficulty Learning Science, Properties Of Light
TA _ 00038 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain