Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN MEDIA E- COMIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD GMIT NEFOKOKO
Abstrak
Membaca merupakan komponen yang sangat penting dalam kehidupan manusia, membaca merupakan landasan awal bagi peserta didik untuk memahami suatu bacaan yang berkembang dalam dunia pendidikan hingga saat ini.pembelajaran membaca disekolah harus diperhatikan sejak awal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar membaca peserta didik kelas IV SD GMIT Nefokoko setelah belajar menggunakan media E- Comic. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD GMIT Nefokoko,Kecamatan Mollo Utara. Dengan jumlah peserta didik 10 orang 6 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah berupa lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini menggunakan II siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Dalam tahap pretes yang mencapai KKM sebanyak 3 peserta didik 30%. Setelah diterapkan media E-Comic hasil belajar peserta didik meningkat berdasarkan hasil posttes pada siklus I sebanyak 7 peserta didik atau 70%. Pada tahap posstes siklus II Peserta didik yang mencapai KKM
sebanyak 9 peserta didik atau 90%. Peningkatan hasil belajar membaca menunjukan bahwa penggunaan media E-Comic untuk meningkatkan hasil belajar membaca peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD GMIT Nefokoko.
Kata kunci: Hasil belajar membaca,penggunaan media E-comic.
Abstract
Reading is a very important component in human life, reading is the initial foundation for students to understand a reading that has developed in the world of education until now. Reading learning in schools must be considered from the beginning. The purpose of this study was to determine the increase in reading learning outcomes of grade IV students og GMIT
Nefokoko Elementary School after learning using E-Comic media. This study uses a classroom action research (CAR) design. The subjects in this stedy were grade IV students of GMIT Nefokoko Elementary School, North Mollo Distric. With a total of 10 students, namely 6 boys and 4 girls. The instrument used to collect research data were in the form of observation sheets and tests. This study used II cycles with two meetings in each cycle. In the pretest stage, 3 students reached the minimum completeness criteria (MCC) (30%). After the E- Comic media was applied, student learning outcomes increased based on the results of the posttest in cycle I, as many as 7 stedents or 70% At the post- test stage of cycle II there were 9 students or 90% of students who achieved the minimum completeness criteria (MCC) The increase in reading learning outcomes in the Indonesian language subject of grade IV of GMIT Nefokoko Elementary School.
Keywords: Learning outcomes of reading using E-comic media
TA _ 00037 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain