Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SDI OENASI
ABSTRAK
Bahasa Inggris pada tingkat sekolah dasar bertujuan agar siswa dapat mengembangkan kompetensi berkomunikasi secara global dan menciptakan generasi yang memiliki keterampilan berbahasa. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kemampuan dasar yang harus di kuasai siswa berupa kemampuan kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman kosakata siswa menggunakan media flashcard. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV SD Inpres Oenasi dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan
media flashcard pada proses pembelajaran sangat efektif dan dapat meningkatkan pemahaman kosakata siswa. Pada proses pembelajaran menggunakan media flashcard pemahaman kosakata siswa meningkat yaitu melalui tahapan-tahapan tes yang peneliti lakukan. Pada tahap pretest nilai rata-rata siswa 47,5%, dengan siswa yang mencapai KKTP
sebanyak 8 orang (40%), setelah penerapan media flashcard terdapat peningkatan nilai pada posttes dimana nilai rata-rata siswa 88,5%. Pada posttest siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 96%. Perolehan hasil menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan pemahaman kosakata siswa pada pembelajaran bahasa Inggris kelas IV SD Inpres Oenasi.
Kata kunci: Kosakata, Media Flashcard, Bahasa Inggris
ABSTRACT
English at the Alementary School level aims to enable students to develop global communication competence and create a generation that have good language skill. To achieve these goals, basic skills that must be mastered by students are vocabulary skills. This study aims to improve students vocabulary understanding using flashcard media. The research method used was classroom action research (CAR). The subjects studied were 20 students in grade IV of SD Inpres Oenasi. The data collection techniques used were observation and tests. The results of this study indicate that yhe use of flashcard media in the learning process was very effective and can improve students vocabulary understanding. In the learning process using flashcard media, students vocabulary understanding increased through the stages of the test that the researcher conducted. At the pretest stage, the average student score was 47.5%, with 8 students achieving KKTP (40%), after implementing flashcard media, there was an increase in scores on the posttest where the students average
score was 88,5 %. the average student score increased to 96%. The results obtained show that the application of flashcard media can improve students vocabulary understanding in English learning for grade IV of SD Inpres Oenasi.
Keywords: Vocabulary, flashcard media, English
TA _ 00035 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain