Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BERSUSUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PINTAR PADA KELAS II SD NEGERI KESETNANA

Electronic Resource

TA _ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BERSUSUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PINTAR PADA KELAS II SD NEGERI KESETNANA

TSE, ANTON K. - Nama Orang; Lakapu, Dyen E. - Nama Orang; Kause, Migdes C. - Nama Orang;

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa
kelas II SD Negeri Kesetnana dengan menggunakan media papan pintar. Penelitian ini
menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas II SD Negeri Kesetnana Kecamatan Mollo Selatan berjumlah 14 siswa
yang terdiri 5 siswa dan 9 siswi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data
penelitian adalah berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji N-Gain untuk mengukur kemampuan hasil belajar siswa pada penjumlahan
bersusun dua angka dengan teknik menyimpan dan tidak menyimpan sebelum dan
sesudah menggunakan media papan pintar. Dalam penelitian digunakan dua siklus
dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Pada tahap pre-test siswa yang mencapai KKM
sebanyak 5 siswa atau 67%. Setelah diterapkan media papan pintar maka hasil belajar
siswa meningkat berdasarkan hasil pos-test siklus I sebanyak 11 siswa atau 79% dan pada
tahap pos-test siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 siswa atau 100%.
Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pre-test siklus
I yaitu 59,64 dan pada Post-test siklus I meningkat menjadi 69,64 dan terdapat
peningkatan lagi pada pos-test siklus II dengan nilai rata-rata 93,57. Dari hasil yang
diperoleh menunjukan bahwa penggunaan media papan pintar dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas II SDN Kesetnana.
Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar, Media PapanPintar.
ABSTRACT
The aim of this research is to explain the improvement in learning outcomes for
grade class II SDN Kesetnana State Elementary School using smart board media.This
research uses a classroom action research (CAR) design.The subjects in this research
were 14 class II SDN Kesetnana Kecamatan Mollo Selatan students consisting of 5
students and 9 female students.The instruments used to collect research data were
observation sheets and tests.The data analysis technique used is the N-Gain test to
measure students’ learning outcomes in adding two numbers using saving and non-saving
techniques before and after using smart board media.This research used two cycles I with
two metetings in each cycle I. At the pre-test stage, 5 students achieved the KKM or the
same as 36% after applying the smart board media, student learning outcomes increased
based on the results of the first cycle II post-test as many as 11 students or 79% and at
the second cycle post-test stage the students there were 14 students who achieved the
KKM or 100% increase in student learning outcomes. It can be seen from the average
score of students in the first cycle pre-test, namely 59,64 and in the first cycle post-test it
increased to 69,64 and there was another increase in the post-test cycle II with an
average score of 93,57. The results obtained show that the use of smart board media can
improve the learning outcomes of grade 2 students.
Keywords:Mathematics, Learning Outcomes, Smart Board.


Ketersediaan
TA _ 00034My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
PGSD 2024
Meningkatkan Hasil Belajar
Media PapanPintar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TSE, ANTON K.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BERSUSUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PINTAR PADA KELAS II SD NEGERI KESETNANA
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik