Electronic Resource
TA _ PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI KESETNANA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Interaktif terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif statistik inferensial yang melibatkan siswa kelas IVc SD Negeri Kesetnana yang menggunakan metode pembelajaran Interaktif Data dikumpulkan melalui lembar angket yaitu sebanyak 19 siswa respon terhadap angket pembelajaran Interaktif dan angket prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran Interaktif 0.412 ˃ 0.05 maka dapat disimpulkan nilai residual berdistribusi normal. Hasil uji linearitas menunjukan nilai signifikan dari linearitas sebesar 0.139˃ 0.005 maka terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Interaktif terhadap prestasi belajar siswa yang dikategorikan sedang. Analisis regresi linear sederhana dengan tingkat siknifikan sebesar 0.139 ˃ 0.05, yang berarti ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Interaktif terhadap prestasi belajar siswa. Hasil ini menunjukan bahwa besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran Interaktif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 72% sedangkan sisanya 28% di pengaruh oleh faktor lain yang
tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Interaktif, Prestasi Belajar,
Abstrack
The purpose of this research is to know about the effects of interactive learning media on students’ learning achievement. This research used the inferential statistic quantitative method which involves students of class IVc of SD Negeri Kesetnana that used the interactive learning method. The data was taken through questionnaire which are 19 respondents to the questionnaire learning interactive and students’ questionnaire achievement. This research shows that the implementation of interactive learning is 0,412 ˃ 0.05. So, it can be concluded that the value of residual is normal. The linearity shows that there is a significance value between 0.139 ˃0,005. So, there are Effects between interactive media interactive to Students’ learning achievement which is categorized medium. The linear regression analysis of 0.139˃0.05, means there is an influence 2 between the use of interactive learning media to students’ learning achievement. The result of this research
shows that amount of the used interactive learning media to students’ learning achievement is about 72%
whereas 28% is affected by other factors which was not examined in this study.
Keywords:Interactive Media, Learning, Achievement
TA _ 00032 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain