Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS IVA SD INPRES OENAS

Electronic Resource

TA _ ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS IVA SD INPRES OENAS

SNAENIFU, ADRI - Nama Orang; Husin, Vivi E. R - Nama Orang; Lakapu, Pifa A. - Nama Orang;

ABSTRAK
Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah guru tidak menggunakan media dan alat peraga disaat mengajarkan materi IPA, siswa tidak berminat dengan materi IPA yang di ajarkan oleh guru, dan penggunaan metode pembelajaran yang tidak sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar IPA dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar IPA siswa kelas IVA SD Inpres Oenasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, subjek yang digunakan adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 23 siswa dan 5 orang guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih ada siswa yang kesulitan dalam belajar IPA dikarenakan ada dua faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar IPA, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu siswa kurang sehat disaat mengikuti pembelajaran IPA, siswa tidak siap untuk mengikuti pembelajaran IPA, siswa tidak berminat dengan pembelajaran IPA yang disampaikan oleh guru, dan siswa tidak mendengarkan disaat guru menjelaskan materi IPA, sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya buku IPA siswa, banyak istilah asing dalam pembelajaran IPA, guru tidak menggunakan media pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran sehingga membuat siswa sulit dalam belajar dan bosan saat belajar, dan ada teman yang mengajak bercerita dari pada mendengarkan penjelasan dari guru.
Kata Kunci : Analisis, Kesulitan Belajar, Pembelajaran IPA.
ABSTRACT
The problems found in this research were teachers not using media or props when teaching science material, students not being interested in the science material taught by the teacher, and using inappropriate learning methods. The aim of this research is to determine the difficulty of learning science and determine the factors that influence the difficulty of learning science in class IVA students at SD Inpres Oenasi. This type of research uses qualitative research methods, the subjects used are 23 class IVA students and 5 class teachers. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The research instruments used in this research were observation sheets, interview guides and documentation. The data analysis technique uses the Miles and Huberman stages which consist of three stages, namely: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research show that there are still students who have difficulty learning science because there are two factors that cause students to have difficulty learning science,
namely internal factors and external factors. Internal factors are that students are not healthy when taking science lessons, students are not ready to take part in science lessons, students are not interested in the science lessons delivered by the teacher, and students do not listen when the teacher explains science material, while external factors are the lack of science books for students, many foreign terms in science learning, the teacher does not use learning media to support learning, making it difficult for students to learn and bored while studying, and there are friends who ask to tell stories instead of listening to the teacher's explanations.
Keywords: Analysis, Learning Difficulties, Science Learning.


Ketersediaan
TA _ 00031My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
PGSD 2024
Analisis Kesulitan Belajar
Pembelajaran IPA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
SNAENIFU, ADRI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS IVA SD INPRES OENAS
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik