Electronic Resource
TA_PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI OETNANA
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Oetnana setelah belajar menggunakan media audio visual. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Oetnana Kecamatan Noebeba berjumlah 19 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengmpulkan data penelitian adalah berupa lembar observasi dan tes. Pada tahap pretes yang mencapai KKM sebanyak 4 siswa atau 28%. Setelah diterapkan media audio visual maka keterampilan membaca permulaan siswa meningkat berdasarkan hasil posttes pada siklus I sebanyak 14 siswa atau 73%. Pada tahap posttest suklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 16 siswa atau 84%. Peningkatan keterampilan membaca permulaan pada
siswa juga dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang mencapai KKM dimulai dari 32 untuk pretes menjadi 73 untuk posttest siklus I dan 86 untuk posttest siklus II. Dari hasil yang diperoleh menunjukan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Oetnana.
Kata Kunci: Audio Visual; Membaca Permulaan; Media Pembelajaran.
Abstract
The aim of this research is to explain the improvement in initial reading of class II students at SD Negeri Oetnana after learning using audio-visual media. This research uses a Classroom Action Research (PTK) design. The subjects in this research were 19 class II students at SD Negeri Oetnana, Noebeba District. The instruments used to collect research data are observation sheets and tests. At the pretest stage, 4 students or 28% reached the KKM. After applying audio visual media, students' initial reading skills increased based on the results of the posttest in cycle I by 14 students or 73%. At the posttest stage of Suklus II, 16 students or 84% reached the KKM. The improvement in students' initial reading skills can
also be seen from the average score of students who achieved the KKM starting from 32 for the pretest to 73 for the cycle I posttest and 86 for the cycle II posttest. The results obtained show that the use of audio-visual media can improve the initial reading skills of class II students at SD Negeri Oetnana.
Keywords: Audio Visual; Beginning Reading; Intructional Media.
TA _ 00030 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain