Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BAHAN KIMIA DALAM RUMAH TANGGA
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPA-Biologi di SMP Negeri Satap Oeusapi. Proses pembelajaran di kelas masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga tidak mencapai nilai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa mengenai materi bahan kimia dalam rumah tangga pada siswa kelas VIII melalui model pembelajaran kooperatif Jelajah Alam Sekitar (JAS). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIyang berjumlah 42 siswa yang diambil sebagai subyek penelitian. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One-Grup Pretest-Posttest Design.. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar ipa biologi pada kelas eksperimen 80 dengan presentase ketuntasan 100%, sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-ratanya 78 dengan presentase ketuntasannya 89%. Berdasrkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jelajah alam sekitar (JAS) meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: IPA-Biologi; Jelajah Alam Sekitar; Prestasi Belajar.
ABSTRACT
The backround of this study by the less of learning IPA-biology in SMP Negeri Satap oeusapai . learning process in class still using learning convensional model so the students not active in learning process so did not active the KKM value. The aims of this study was to enhament the students, learning abaut the material by the materials of kimia in home to students who where in grade VIII by learning cooperative model jelajah alam sekitar (JAS). Subject in this study were the students in grade VIII with total number 42 students who were choosen as the participants in this study. This study using research desing one-group Pretes-posttest. The result of this study showed that the average of the result on learning
biology in exsperimen class with 80 precentase 100%, while in class control with average 78 precentase 89 %. Based on the result of thiss study concluded that the impelementation learning jelajah alam sekitar (JAS) model activement the students, learning process.
Keywords : IPA- Biology, jelasah alam sekitar, learning achivement.
TA _ 00029 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain