Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGZAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMP NEGERI LIMAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan JIGZAW terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi di kelas VIII SMP Negeri Liman. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperiment pola M-G. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random
sampling (acak). Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 16. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Liman terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian pada kelas STAD sebelum melakukan perlakuan diperoleh nilai rata-rata 50,25% dan sesudah menerapkan model pembelajaran STAD diperoleh nilai rata-rata 68,50%. Sedangkan pada kelas JIGZAW sebelum menerapkan model JIGZAW memperoleh nilai rata- rata 54,00% dan sesudah menerapkan model pembelajaran JIGZAW memperoleh nilai rata-rata 77,50%. Hipotesis yang diterima yaitu H1 dimana adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan JIGZAW dengan siswa yang diajarakan dengan model pembelajaran STAD dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran JIGZAW. Dari hasil penelitian ini
dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan JIGZAW terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Kata kunci: Hasil belajar kognitif siswa, JIGZAW dan STAD
Abstrack
This study aims to see the effect of the application of STAD and JIGZAW cooperative learning models on students cognitive learning outcomes in the excretory system material in the eighth grade of Liman State Middle School. The research design used in this study is an M-G pattern experiment. The sampling technique is done at random sampling (random). Data
analysis was performed using SPSS 16. The population of this study were all eighth grade students of Liman State Junior High School consisting of 4 classes with 40 students. The results of the study on the STAD class before doing the treatment obtained an average value of 50.25% and after applying the STAD learning model obtained an average value of 68.50%. Whereas the JIGZAW class before applying the JIGZAW model obtained an average score of 54.00% and after applying the JIGZAW learning model, the average score was 77.50%. The accepted hypothesis is H1 where there is an influence of STAD and JIGZAW cooperative learning models with students taught by the STAD learning model and students taught with the JIGZAW learning model. From the results of this study it can be concluded that there is an effect of the application of STAD and JIGZAW cooperative learning models on students' cognitive learning outcomes.
Keywords: Student Cognitive Learning Outcomes, JIGZAW and STAD
TA _ 00028 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain