Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGZAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMP NEGERI LIMAN

Electronic Resource

TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGZAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMP NEGERI LIMAN

KUNE, MERI ELSIANI - Nama Orang; Uki, Nonci M. - Nama Orang; Takaeb, Matheos J. - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan JIGZAW terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi di kelas VIII SMP Negeri Liman. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperiment pola M-G. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random
sampling (acak). Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 16. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Liman terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian pada kelas STAD sebelum melakukan perlakuan diperoleh nilai rata-rata 50,25% dan sesudah menerapkan model pembelajaran STAD diperoleh nilai rata-rata 68,50%. Sedangkan pada kelas JIGZAW sebelum menerapkan model JIGZAW memperoleh nilai rata- rata 54,00% dan sesudah menerapkan model pembelajaran JIGZAW memperoleh nilai rata-rata 77,50%. Hipotesis yang diterima yaitu H1 dimana adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan JIGZAW dengan siswa yang diajarakan dengan model pembelajaran STAD dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran JIGZAW. Dari hasil penelitian ini
dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan JIGZAW terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Kata kunci: Hasil belajar kognitif siswa, JIGZAW dan STAD
Abstrack
This study aims to see the effect of the application of STAD and JIGZAW cooperative learning models on students cognitive learning outcomes in the excretory system material in the eighth grade of Liman State Middle School. The research design used in this study is an M-G pattern experiment. The sampling technique is done at random sampling (random). Data
analysis was performed using SPSS 16. The population of this study were all eighth grade students of Liman State Junior High School consisting of 4 classes with 40 students. The results of the study on the STAD class before doing the treatment obtained an average value of 50.25% and after applying the STAD learning model obtained an average value of 68.50%. Whereas the JIGZAW class before applying the JIGZAW model obtained an average score of 54.00% and after applying the JIGZAW learning model, the average score was 77.50%. The accepted hypothesis is H1 where there is an influence of STAD and JIGZAW cooperative learning models with students taught by the STAD learning model and students taught with the JIGZAW learning model. From the results of this study it can be concluded that there is an effect of the application of STAD and JIGZAW cooperative learning models on students' cognitive learning outcomes.
Keywords: Student Cognitive Learning Outcomes, JIGZAW and STAD


Ketersediaan
TA _ 00028My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
Pendidikan Biologi 2018
Hasil belajar kognitif siswa
JIGZAW dan STAD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
KUNE, MERI ELSIANI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGZAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMP NEGERI LIMAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik