Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGZAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA KRISTEN KESETNANA

Electronic Resource

TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGZAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA KRISTEN KESETNANA

SAEKOKO, ARISMAN - Nama Orang; Sabat, Dian R. - Nama Orang; Uki, Nonci M. - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Biologi di SMA Kristen Kesetnana.
Pembelajaran yang cenderung bersifat teacher center menyebabkan pembelajaran menjadi tidak menarik dan
membosankan sehingga siswa menjadi tidak aktif didalam kelas, hal ini menyebabkan hasil belajar siswa
rendah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran jigsaw lebih efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Kristen Kesetnana pada materi sistem pernapasan. Sistem
pernapasan merupakan materi yang sangat menarik namun sulit untuk dipahami karena proses pembelajaran
yang selama ini hanya berdasarkan teori, belum menggunakan media yang lain agar mampu manyelaraskan
atau menyetarakan antara teori dan fakta, yang membantu mempermudahkan siswa dalam memahami
konsep.
Analisis uji homogenitas digunakan untuk mengetahui data tersebut berdistribusi normal. Kriteria
sampel homogen apabila Fhit < Ftab dengan a=5%, setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS 16
diperoleh 0,022 > 0,05 maka disimpulkan bahwa data berdistribusi homogen dan setelah dilakukan analisis
T-test untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada materi sistem pernapasan, maka data yang diperoleh
0,598 > 0,05 maka disimpulkan bahwa test tersebut berdistribusi normal. Nilai rata-rata pada pertemuan awal
yang dilakukan pretest adalah 40 dan pada pertemuan ke dua dilakukan postest yang memiliki nilai rata-rata
80, sehingga hasil belajar siswa meningkat pada saat postest.
Kata Kunci : Model pembelajaran jigzaw, Hasil Belajar kognitif.
Abstact
This research was motivated by the low learning outcomes of Biology at Kesetnana Christian High
School. Learning that tends to be teacher center causes learning to be unattractive and boring so that students
become inactive in the classroom, this causes low student learning outcomes. The purpose of this study was
to find out that the jigsaw learning model was more effective in improving the learning outcomes of the 11th
grade students of the Christian High School Kesetnana in the respiratory system. The respiratory system is a
material that is very interesting but difficult to understand because the learning process that has only been
based on theory, has not used other media in order to be able to synchronize or balance the theory and facts,
which helps facilitate students in understanding the concept.
Homogeneity test analysis is used to find out the data is normally distributed. Homogeneous sample
criteria if Fhit < Ftab with a = 5%, after homogeneity test using SPSS 16 obtained 0.022 > 0.05, it can be
concluded that the data is homogeneous and after T-test analysis to determine differences in learning
outcomes in respiratory system material, The data obtained is 0.598 > 0.05, so it is concluded that the test is
normally distributed. The average score at the initial meeting which was conducted pretest was 40 and at the
second meeting was posttest which had an average value of 80, so that the student learning outcomes
increased during the posttest.
Keywords: jigsaw learning model, Learning outcomes


Ketersediaan
TA _ 00026My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
Model pembelajaran jigzaw
Hasil Belajar kognitif
Pendidikan Biologi 2018
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
SAEKOKO, ARISMAN
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGZAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA KRISTEN KESETNANA
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik