Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGZAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA KRISTEN KESETNANA
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Biologi di SMA Kristen Kesetnana.
Pembelajaran yang cenderung bersifat teacher center menyebabkan pembelajaran menjadi tidak menarik dan
membosankan sehingga siswa menjadi tidak aktif didalam kelas, hal ini menyebabkan hasil belajar siswa
rendah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran jigsaw lebih efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Kristen Kesetnana pada materi sistem pernapasan. Sistem
pernapasan merupakan materi yang sangat menarik namun sulit untuk dipahami karena proses pembelajaran
yang selama ini hanya berdasarkan teori, belum menggunakan media yang lain agar mampu manyelaraskan
atau menyetarakan antara teori dan fakta, yang membantu mempermudahkan siswa dalam memahami
konsep.
Analisis uji homogenitas digunakan untuk mengetahui data tersebut berdistribusi normal. Kriteria
sampel homogen apabila Fhit < Ftab dengan a=5%, setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS 16
diperoleh 0,022 > 0,05 maka disimpulkan bahwa data berdistribusi homogen dan setelah dilakukan analisis
T-test untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada materi sistem pernapasan, maka data yang diperoleh
0,598 > 0,05 maka disimpulkan bahwa test tersebut berdistribusi normal. Nilai rata-rata pada pertemuan awal
yang dilakukan pretest adalah 40 dan pada pertemuan ke dua dilakukan postest yang memiliki nilai rata-rata
80, sehingga hasil belajar siswa meningkat pada saat postest.
Kata Kunci : Model pembelajaran jigzaw, Hasil Belajar kognitif.
Abstact
This research was motivated by the low learning outcomes of Biology at Kesetnana Christian High
School. Learning that tends to be teacher center causes learning to be unattractive and boring so that students
become inactive in the classroom, this causes low student learning outcomes. The purpose of this study was
to find out that the jigsaw learning model was more effective in improving the learning outcomes of the 11th
grade students of the Christian High School Kesetnana in the respiratory system. The respiratory system is a
material that is very interesting but difficult to understand because the learning process that has only been
based on theory, has not used other media in order to be able to synchronize or balance the theory and facts,
which helps facilitate students in understanding the concept.
Homogeneity test analysis is used to find out the data is normally distributed. Homogeneous sample
criteria if Fhit < Ftab with a = 5%, after homogeneity test using SPSS 16 obtained 0.022 > 0.05, it can be
concluded that the data is homogeneous and after T-test analysis to determine differences in learning
outcomes in respiratory system material, The data obtained is 0.598 > 0.05, so it is concluded that the test is
normally distributed. The average score at the initial meeting which was conducted pretest was 40 and at the
second meeting was posttest which had an average value of 80, so that the student learning outcomes
increased during the posttest.
Keywords: jigsaw learning model, Learning outcomes
TA _ 00026 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain