Electronic Resource
TA _ PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING BERBASIS SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP KRISTEN 1 SoE
Abstrak
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan pemahaman konsep antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode Inkuiri Terbimbing berbasis simulasi PhET dengan metode ceramah, serta mengetahui respon siswa terhadap metode yang digunakan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, quasi-experimental non-equivalent pretest and posttest control-group design. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol dengan subjek penelitian sebanyak 44 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pemahaman konsep dan angket respon siswa. Tes pemahaman konsep siswa diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakukan. Teknik analisis data digunakan uji t sampel independent dan persentase angket respon siswa. Hasil penelitian uji t diperoleh -thitung < ttabel df = 42, = 0,05 = -4,39 < 2,02 menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep antara siswa yang dibelajarkan menggunakan simulasi PhET dengan metode ceramah. Respon siswa positif terhadap pembelajaran yang diterapkan dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing; pemahaman konsep; simulasi PhET
Abstract
The research has been conducted to find out whether there is a significant difference between conceptual understanding between students who were taught using guided Inquiry method based on PhET simulation compared to conventional lecture method, and also to know the student's response to the method used. The method of this research is quantitative, quasi-experimental non-equivalent pre-test and post-test control - group design. The sample consisted of one experimental class and one control class with 44 subjects. The research instrument used was concept comprehension test and student
response questionnaire. The students' concept comprehension test was given to the experimental class and control class before and after treatment.Data analysis technique used t test of independent sample and percentage of student response questionnaire.The result of the t-test obtained was -thount < = 0,05 =ttable df = 42, -4,39 < 2.02.The result indicates that there is a significant difference of concept understanding between students who are taught using PhET simulation compared to conventional method. Students positive responses to learning are applied with very good category.
Keywords: Guided Inquiry; Understanding of concepts; PhET simulation
TA _ 00002 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain