Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING BERBASIS SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP KRISTEN 1 SoE

Electronic Resource

TA _ PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING BERBASIS SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP KRISTEN 1 SoE

Zulaikhah - Nama Orang; Langtang, Demeryati - Nama Orang; Asbanu, Dens E.S.I. - Nama Orang;

Abstrak
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan pemahaman konsep antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode Inkuiri Terbimbing berbasis simulasi PhET dengan metode ceramah, serta mengetahui respon siswa terhadap metode yang digunakan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, quasi-experimental non-equivalent pretest and posttest control-group design. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol dengan subjek penelitian sebanyak 44 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pemahaman konsep dan angket respon siswa. Tes pemahaman konsep siswa diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakukan. Teknik analisis data digunakan uji t sampel independent dan persentase angket respon siswa. Hasil penelitian uji t diperoleh -thitung < ttabel df = 42,  = 0,05 = -4,39 < 2,02 menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep antara siswa yang dibelajarkan menggunakan simulasi PhET dengan metode ceramah. Respon siswa positif terhadap pembelajaran yang diterapkan dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing; pemahaman konsep; simulasi PhET
Abstract
The research has been conducted to find out whether there is a significant difference between conceptual understanding between students who were taught using guided Inquiry method based on PhET simulation compared to conventional lecture method, and also to know the student's response to the method used. The method of this research is quantitative, quasi-experimental non-equivalent pre-test and post-test control - group design. The sample consisted of one experimental class and one control class with 44 subjects. The research instrument used was concept comprehension test and student
response questionnaire. The students' concept comprehension test was given to the experimental class and control class before and after treatment.Data analysis technique used t test of independent sample and percentage of student response questionnaire.The result of the t-test obtained was -thount < = 0,05 =ttable df = 42, -4,39 < 2.02.The result indicates that there is a significant difference of concept understanding between students who are taught using PhET simulation compared to conventional method. Students positive responses to learning are applied with very good category.
Keywords: Guided Inquiry; Understanding of concepts; PhET simulation


Ketersediaan
TA _ 00002My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: ., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
pemahaman konsep
Simulasi PhET
Inkuiri Terbimbing
Tugas Akhir
Pendidikan Fisika 2017
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Zulaikhah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING BERBASIS SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP KRISTEN 1 SoE
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik