Electronic Resource
TA _ PENGARUH PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBASIS SIMULASI PHET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP KRISTEN MOLLO SELATAN
Abstrak
Fisika merupakan pelajaran yang harus seimbang antara teori dan eksperimen. Untuk eksperimen salah satu yang dapat digunakan adalah dengan virtual laborator, khususnya simulasi PhET. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan, keefektifan dan respon peserta didik terhadap pembelajaran berbasis Simulasi PhET pada materi alat optik. Metode penelitian ini adalah one group pre-test dan post-test design. Data dari penelitian ini bersumber dari peserta didik kelas VIII SMP Kristen Mollo Selatan Tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar soal tes yang terdiri dari 15 butir soal, berupa pre-test diawal pembelajaran dan post-test diakhir pembelajaran serta lembar angket respon peserta didik yang semuanya sudah dianalisis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa antara pre-test dan post-test terjadi peningkatan pemahaman konsep peserta didik yaitu dengan N,Gain 0,7 (Kategori Tinggi). Sedangkan tanggapan peserta didik positif yaitu 91 % peserta didik menyatakan senang terhadap pembelajaran berbantuan simulasi PhET. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran langsung berbasis simulasi PhET, pada materi alat optik lensa dapat meningkatkan pemahaman konsep peseta didik kelas VIII SMP Kristen Mollo Selatan.
Kata Kunci ; Pemahaman Konsep, Simulasi PhET
Abstract
Physic is a subject which needs the equality between theory and experiment to be more understandable. Virtual Laborator, especially PhET simulation is one of the experiments that can be used in experimental section. This study aimed to know the effect of PhET simulation and students’ responses toward this simulation in teaching and learning process about optics. One group pre-test and post-test designed was the method chosen in this study, with the sample selected from 20 students in class VIII at SMP Kristen Mollo Selatan in the academic year 2016/2017. The data analyzed in this study based on
Pre-test and post-test which were arranged in 15 number points of questions as the first instrument in this study. Second instrument in this study was the questionnaire to know students’ responses in teaching and learning process. There was a significant improvement based on the score from pre-test and post-test with N-gain 0,7 (high category). On the other hand students gave positive responses toward this simulation attained to 91%. Based on the data gained, can be concluded teaching and learning process using PhET simulation about Lens Optics can improve students of VIII grade SMP Kristen Mollo Selatan concept understanding.
Key Words ; Concept comprehension, PhET simulation
TA _ 00003 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain