Electronic Resource
TA _ PENERAPAN ALAT PERAGA RANGKAIAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI AYOTUPAS PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
ABSTRAK
Rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami konsep-konsep fisika disebabkan kurangnya media pembalajaran yang mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pengembangan pengetahuan tentang suatu konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan penerapan alat peraga rangkain listrik terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi listrik dinamis. Alat peraga ini dilengkapi dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan modul ajar. Instrumen tes pemahaman konsep diujicobakan pada sampel kelas X1 SMA Negeri Ayotupas sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui soal tes dan
lembar angket. Metode yang digunakan pada pengujian adalah pre-eksperimental dengan desain one group pre-test dan post-test. Hasil uji t-test menunjukan bahwa alat peraga berpengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Hasil uji N-gain dari nilai pre-test dan post-test diperoleh peningkatan pemahaman konsep sebesar 0,7 (kategori tinggi), sedangkan respon peserta didik terhadap penggunaaan alat peraga rangkaian listrik dalam proses pembelajaran adalah sangat positif sehingga penerapan alat peraga dalam proses pembelajaran sangat praktis dengan persentase sebesar 87%.
Kata kunci: alat peraga; pemahaman konsep.
ABSTRACT
Disabilities that students face in understanding physic concepts, are caused by less of teaching media which are considered can inprove students’ creativities indeveloping their knowledge about physic concept. This study was conducted to know the validity, affectivity, and practicability of electricity series visual aid application to improve students’ understanding about dynamical electricity. To implement this theory, the aid used was equipped with students’ worksheet and a module. The sample in this study was selected from 27 students of first grade (x1) at Ayotupas State Senior High School. In collecting the data, the researcher used pre-experimental with one group pre-test and post-test designed. In this study, the result of t-test showed that this aid positively affected students’ achievement in understanding the material taught. The result of N-gain from pre-test and post-test score also provided 0,7 points (high category) improvement of students’ understanding. Besides that, in teaching and learning process the percentage of this aid’s practibility attained to 87% which caused students responded positively toward the use of this visual aid (electricity series)
Key words: Visual aid; concept understanding.
TA _ 00001 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain