Electronic Resource
TA _ Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMA Kristen Kesetnana.
Abstrak
Proses pendidikan pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa tidak terlihat aktif dalam kelas. Hal ini perlu diterapkan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan konvensional serta mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas X SMA Kristen Kesetnana. Desain penelitian ini bersifat eksperimen, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kristen Kesetnana yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas kontrol dan kelas X1 sebagai kelas eksperimen, pemilihan kelompok secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar angket. Hasil analisis menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) mendapatkan respon yang baik sekali dari siswa. Pertemuan pertama pada kelas eksperimen memperoleh skor presentase rata-rata 84% dan pertemuan kedua kelas eksperimen memperoleh skor presentase rata-rata 90%, sedangkan kelas kontrol pada pertemuan pertama memperoleh skor presentase rata-rata 68%
dengan kategori baik, pada pertemuan kedua kelas kontrol memperoleh skor presentase rata-rata 70%.
Kata kunci: Aktivitas belajar siswa, Biologi, Think Talk Write.
Abstrac
The process of education in general is still using conventional method so that the students are not active in classroom. There fone, teacher have to apply an innovative learning method. The am of this study was to find out the students’ learning activities and their response about Think Talk Write (TTW) method and conventional. For the X grade students in SMA Kristen Kesetnana. Experimental study was used done in order to gather the data with the participants were chose by purposive sampling. The instruments used in this study were observation sheet and questionnaire. The result showed that the students learning activities in experimental group was better than students in control group. The average of presentage
gotten the first meeting for the experimental group was 84% and for the second meeting was 90%, while for the control group in the first meeting, students avarage of presentage was 68 % with a good categori, and for the second meeting the control group got avarage of presentage was 70%.
Kewords: Learning Proses Activity, Biology, and Think Talk Write
TA _ 00008 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain