Electronic Resource
TA _ PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP KRISTEN 2 SOE
ABSTRAK
Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi SMP Kristen 2 SoE pemahaman materi pada siswa masih rendah dan banyak siswa belum tuntas belajar. Misalnya pada materi sistem pencernaan yang cenderung di ajarkan secara hafalan yang menyebabkan siswa sulit untuk menguasai materi. Penggu naan NHT memiliki keuntungan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga hasil belajar dapat meningkat. Tujuan penelitian ini untuk dapat
mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif dengan penerapan model pembelajaran NHT dalam materi sistem pencernaan pada manusia di SMP Kristen 2 SoE. Penelitian eksperimen ini telah di lakukan di SMP Kristen 2 SoE pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018, dengan menggunakan rancangan pretest posttest control group design,
pada semua siswa kelas VIII ( 3 kelas ) sebagai populasi, sampel terdiri dari dua kelas yang di tentukan dengan teknik cluster random sampling. Data berupa hasil belajar, yang masing- masing di ukur dengan teknik tes. Nilai hasil belajar kognitif dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas esperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, yaitu 72,35 > 64,41 yang berarti ada perbedaan hasil belajar antara kedua kelas tersbut.
Kata Kunci : Numbered head together ; hasil belajar
ABSTRACT
Observation results and interviews with biologi teacher in Junior High Scholl Christian 2 SoE, material understanding in students have not finished learning. For example on the material ot the digestive system which tends to be taught by rote causing the students difficult to master the material. The use NHT has the advantage of increasing student activity in learning so that learning can increase. The purpose of this study to be able to know the difference of learning outcomes cognitive with the application of NHT learning model in the digestive system material in humans in Junior High School Christian 2 SoE. This experimental research has been done in Junior High School Christian 2 SoE in the odd semester of the academic year 2017/2018. Using 2 the design Pretest Posttest Control Group Design, in all students class VIII (3 class) as a
population, the sample consist of 2 classes that are determined by engineering techniques cluster random sampling. Data in the form of learning outcomes each measured by the test technique. Cognititive learning result in the value of the average value posttest experimental class in better than the control class that is 72,35 > 64,41 which means there is difference of learning result between two classes.
Key Words: Numbered head together; learning outcomes.
TA _ 00007 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain