ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII. Data kemampuan literasi sains siswa …
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di kelas VIII …
ABSTRAK Bahan ajar merupakan segala bahan baik informasi, alat, maupun teks yang disusun secara sistematis, yang menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dan digunakan dalam…
ABSTRAK Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran biologi di SMA Kristen 1 Soe, kurang menerapkan model pembelajaran yang berinovasi sehingga menurunnya aktivitas belajar …
ABSTRAK: Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMK Negeri 1 Soe karna Rendahnya keaktifan siswa pada proses pembelajaran di sebapkan proses pembelajaran masih berpusat p…
ABSTRAK Bahan ajar merupakan segala bahan baik informasi, alat, maupun teks yang disusun secara sistematis, yang menampilkan sosok utuh dari kompotentensi yang akan dikuasai siswa dan digunakan da…
ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi dan mengajar peneliti selama masa PPL di SMP Kristen 3 Soe peneliti menemukan faktor-faktor utama dalam pembelajaran biologi yang mengakibatkan nilai biologi ya…
Abstrak Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena penggunaan modelpembelajaran yang kurang menarik dan guru kurang kreatif dalam menyampaikan materidalam proses pembelajaran. proses pembela…
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa SMP NEGERI 3 SOE Kelas VIII5. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan perb…
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi Sistem Pencernan pada siswa kelas VIII SMP Negeri Siso. Pada pembelajaran Biologi, guru masih menggunkan …